Video

ads header

Breaking News

Pelda Mislam : Kegiatan Pos Kamling Harus Terus Digalakan Agar Masyarakat Merasa Aman

Pelda Mislam : Kegiatan Pos Kamling Harus Terus Digalakan Agar Masyarakat Merasa Aman

PELITA24.COM | Cilacap -  Kegiatan Pos Kamling sebagai pengamanan swakarsa harus terus di galakan setiap saat untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sehingga masyarakat sekitarnya akan merasa aman dan terlindungi.

Hal itu disampaikan Batuud Koramil 12/Kedungreja Pelda Mislam kepada warga Desa Sidanegara saat dirinya mendampingi Tim penilai lomba Pos Kamling dari Polres Cilacap yang dipimpin Iptu Warsono datang menilai Pos Kamling yang ada di RT 08/09 Dusun Sidadadi Desa Sidanegara Kecamatan Kedungreja, Senin (25/03) malam.

Menurut Pelda Mislam, perlombaan Pos Kamling ini sangat baik dilombakan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya. Pos Kamling dimana sistim keamanan keliling dilaksanakan merupakan pengamanan swakarsa yang dilaksanakan masyarakat atas dasar budaya kepaguyuban dan gotong royong yang menjiwai masyarakat khususnya di wilayah pemukiman.

" Kegiatan ini perlu dilestarikan dan dipertahankan di tengah-tengah masyarakat, tidak hanya saat lomba saja, namun kegiatan Pos Kamling ini harus terus di galakan setiap saat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing masing sehingga masyarakat akan merasa aman dan terlindungi," jelasnya.

Kegiatan lomba Pos Kamling ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap yang ke 163 tahun 2019, dan telah dilakukan beberapa hari yang lalu di tiap tiap kecamatan dan dari yang terpilih,  mewakili kecamatan untuk maju pada tingkat Kabupaten Cilacap. 

Dalam penilaian lomba Pos Kamling kali ini, dilakukan simulasi oleh para petugas ronda. Salah satu simulasi yang dipraktekan adalah cara penanganan tamu yang melebihi jam malam, pengamanan lingkungan dari pengendara sepeda motor yang sudah larut malam, pemadaman kebakaran serta memperagakan bela diri.

Selain tim penilai, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Kedungreja Agus Supriono  S.Sos., Danramil 12/Kedungreja dalam hal ini diwakili Pelda Mislam, Kapolsek se Distrik Sidareja, Kepala Desa Sidanegara Timan, para tokoh masyarakat dan warga masyarakat desa setempat.   P.003_Urip